Back to New Life (3) : Menggambar, menelusuri atau mewarnai dunia

Mei 9, 2008 at 5:34 pm Tinggalkan komentar

“Aerials, in the sky, when you lose small mind you free your life”
– System of a Down –

Orientasi ngedesign setiap manusia akan berbeda – beda. tergantung pengalaman masing individu dalam ngelakonin idupnya. Ide adalah persoalan yang pelik dalam dunia design. ide selalu datang dari realitas yang kemudian berkembang menjadi sebuah design.

Menggambar Dunia

Ide dasar ogut dalam hal ini adalah persoalan bagaimana dunia tergambar di design khususnya webdesign.  Sederhananya jika kita ingin membikin web design dengan corak bali mudahnya kita tinggal searching di Internet gambar-gambar yang Bali banget dalam hal ini tari-tarian, pantai, cewek trus adat isitiadat tinggal kita adopsikan include dalam web tersebut.

Pilihan diatas banyak sekali diambil oleh designer-designer website. Hal yang termudah adalah poto. poto dapat menjelaskan ruang dan waktu dalam sekejap. Anda bisa mengklaim anda pernah ke Bali, tapi belom afdol jika anda nggak ada poto yang merekam aktifitas anda di Bali. Poto bisa bercerita tentang realitas sesuai dengan imajinasi kita yang ngebayanginnya. Terus sejauh mana ruang imajinasi itu berkembang ??

Gambaran menjadi sesuatu yang susah diterka bila berbicara di ruang imajinasi. Sesuatu yang susah diterka akan sekedar sesuatu yang akan cepat berlalu dihadapan kita, terlebih dalam budaya pop sekarang. Lalu pertanyaannya bagaimana kita menggambar dunia kemudian bisa dengan mudah diterka ?. Sesuatu hal yang merupakan kombinasi design yang menyentuh, content web yang aktual dan tentu SEO yang handal. Bukan sesuatu yang mustahil bukan..

Menelusuri Dunia

Menelusuri exotisme dunia adalah persoalan klaim kalau menurut ogut. Aturan-aturan baku menimbulkan klaim. Seperti seorang designer flash akan mengklaim dirinya bagus bila karyanya terpampang di thefwa.com. Kenapa ? karena klaim menimbulkan sebuah persekutuan unik atau dalam bahasa ogut adalah kaum sesama. di Thefwa.com anda dapat mengklaim posisi anda sama dengan designer flash dari misalkan samsung, nokia atau perusahaan besar lainnya didunia, karena posisi web anda sama di thefwa.com.

Klaim ini kemudian merembet ke banyak persoalan mendesign. Pilihan bahasa program yang digunakan, pilihan software, databasing, serta style yang digunakan. Ciri inilah kemudian yang akan menentukan tingkat penelusuran kita sejauh mana kita menguasai dunia ini : dunia design mendesign terutama masalah web design.

Mewarnai dunia

Ada seorang kawan pernah curhat “wah konsumen web sekarang udah nggak perduli ama art of programing. Udah ngerjain oop hampir semingguan projectnya cuman nilainya 3 Juta, malah dibanding-bandingin dengan tawaran dari perusahaan lain yang ngasih penawaran Rp. 500 rebu untuk sebuah website komplit” demikian kira-kira isi curhatannya. Wikz lemes juga dengerinnya karena suatu saat pasti akan menimpa ogt nie kejadian.

Art of Programing dan Art of Design kemudian dianggap sampah dalam persoalan ini. Banyak teman yang kemudian menurunkan harga webnya karena persoalan diatas. Padahal harga BBM ma sembako terus naek. Persaingan yang ogut pikir sehat-sehat saja, asal nggak tumbuh korban yang sia-sia. Konsumen dalam hal ini diuntungkan dalam persoalan pricing but not about idea. Mewarnai dunia web design adalah persoalan template-template gratisan yang bisa kita download dimana aja ex templatemonster.com, atau CMS-CMS seperti joomla or mamboo. Itukah yang kita cari ??.

Atau sebuah jawaban yang mungkin akan membuat kita terhenyak ….. Emang bisanya kita hanya seperti itu…

There are many choices to be made when you’re designing—everything from type, to colors, to overall tone of the site. Sometimes, I like to throw a lot of things at a design to see what sticks, and sometimes I start minimally. Strive to make smart, simple choices. If there’s an easier way to design something, do it. The complicated choice will feel complicated to the client and intended audience unless you can make a complex interaction looks simple.

nikholas@geekzfusion.com

Entry filed under: tulisan. Tags: , .

Back To New Life (2) : Pancaran Sinar Pilkada (PSP) Isoul yang tetap jadi Isoul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kunjungan

  • 380,535 kunjungan
Mei 2008
S S R K J S M
« Mar   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

test


%d blogger menyukai ini: